Mengapa Hari kanker sedunia penting untuk dirayakan

hari raya kanker
Written bySeptyanto Buntarja
January 17, 2021

Mengapa Hari kanker sedunia penting untuk dirayakan? Terkadang sering terlintas dalam pikiran kita mengapa hari kanker sedunia penting untuk dirayakan. Jika bagi kalian yang tidak mengalami penyakit tersebut ataupun tidak ada kerabat ataupun keluarga kalian yang tidak mengalami atau terkena penyakit tersebut, pasti hari kanker tidak begitu penting bagi kalian untuk diraayakan, sebaliknya berbeda dengan orang-orang yang pernah terkena penyakit kanker. Ataupun ada keluarga dekat yang terkena penyakit kanker. Karena Ketika seseorang mengalamai penyakit kanker, banyak hal yang akan cukup merubah hidupnya. Kanker pada umumnya lebih sering menyerang wanita yang cukup sering menyerang bagian payudara. Yang disebut sebagai kanker payudara. Selain itu kanker juga menyerang serviks/vagina, dan disebut sebagai kanker serviks. Kanker pada umunya tidak hanya menyerang orang dewasa bahkan anak-anak juga kerap terkena penyakit kanker. Kali ini kami akan membahas dua perayaan hari kanker sedunia khususnya hari kanker sedunia yang diperuntukkan anak-anak yang mengalami kanker dan hari kanker bagi yang terkena penyakit kanker payudara.

Hari Kanker Anak sedunia Penting Untuk Dirayakan

kanker pada anak

Hari kanker anak sedunia diperingati pada tanggal 15 Februari. Berdasarkan data dari WHO terdapat sekitar 150.000 anak di dunai yang di diagnose mengalami kanker. Menurut salah satu dokter spesialis anak-anak kanker pada anak-anak berbeda dengan kanker yang terjadi pada orang dewasa. Pasalnya kanker pada anak-anak lebih sulit didiagnosa. Kanker pada anak-anak juga bisa aterjadi karena adanya mutasi gen di dalam dirinya, berbeda dengan orang-orang dewasa yang terkena kanker dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Di negeri tercinta ini cancer awareness masih kurang, bahkan bagi para orang dewasa pun cancer awareness juga masih sangat kurang, hal ini dibuktikkan dengan pengobatan alternatif yang kerap di laukan bagi orang-orang yang sudah muncul gejala kanker, kebanyakan dari mereka tidak langsung pergi ke dokter, kebanyakan dari mereka kerap memilih pengobatan alternatif yang lebih murah dan lebih aman. Hal inilah yang menyebabkan pasien kanker terus bertumbuh setiap tahunnya. Oleh karena itulah mengapa Hari kanker sedunia bagi anak-anak penting untuk dirayakan. Selain itu hari kanker ini juga dirayakan agar Indonesia bisa menekan angka pasien anak-anak yang terkena kanker.

Kanker yang kerap terjadi bagi anak-anak pun berbeda. Pada anak-anak kanker lebih sering menyerang darah, saraf, system limfatik,otot, hingga juga menyerang ginjal. Oleh karena itu Hari kanker Anak Sedunia ini dimaksudkan agar para orang tua aware akan hal-hal seputar kanker pada anak. Adapun kanker yang terjadi pada anak-anak yaitu:

  • Leukimia

Kanker pada jaringan tubuh yang menyerang sel darah dan sumsum tulang. Ketika leukemia menyerang, tubuh membuat banyak sel-sel putih abnormal yang tidak melakukan fungsinya dengan semestinya. Kanker ini menyerang sumsum tulang dan mengeluarkan memproduksi sel darah putih berlebihan, membuat anak rentan terhadap infeksi dan memar.

  • Limfoma

kanker yang muncul dalam sistem getah bening, jaringan peredaran darah tubuh untuk menyaring kotoran. Kondisi ini terjadi pada amandel, timus, tulang usus kecil, limpa, atau pada kelenjar getah bening mana saja pada tubuh. Bahkan gangguan kesehatan ini dapat menyebar ke sistem saraf pusat dan sumsum tulang.

  • Neuroblastoma

Kanker ini hanya ditemukan pada anak-anak, terjadi pada kelenjar adrenal yang berada di daerah perut. Sebagian dari mereka yang terserang menunjukkan gejala awal selama satu pertama. Neuroblastoma menyebar dengan cepat, dan sering ditemukan hanya setelah terjadi penyebaran.

Hari Kanker Payudara

kanker payudara

Berbeda dengan hari kanker anak, hari kanker payudara diperingati setiap tanggal 26 Oktober. Hari kanker payudara juga penting dirayakan dengan tujuan agar para wanita, diharapkan bisa memeriksa apakah terdiagnosa kanker atau tidak, selain itu tujuan diadakan hari seperti ini agar bisa mengedukasi dan memberikan awareness atau kewaspadaan tentang bahaya kanker payudara. Kanker payudara juga menyumbang persentase kematian terbesar kedua di dunia menurut data dari WHO. Oleh karena itu inilah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah Anda mengalami kanker payudara. Berikut tips nya:

  1. Berdiri di depan cermin, buka pakaian dari pinggang ke atas.
  2. Perhatikan payudara. Kebanyakan wanita tidak memiliki payudara yang ukurannya sama besar.
  3. Berdirilah dengan lengan disamping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara.
  4. Letakkan tangan pada pinggang dan tekan kuat-kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  5. Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara.
  6. Tautkan kedua tangan dibelakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudara, termasuk dibagian bawah.
  7. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting. Tempatkan jempol dan jari telunjuk disekitar puting, lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar. Ulangi pada payudara yang lain.

Selain itu untuk mencegah kanker, kita juga diharapkan bisa menjaga kesehatan dengan mulai mengkonsumsi makanan-makanan sehat.

 

You May Also Like…

Fakta Medis Hand Sanitizer

Fakta Medis Hand Sanitizer

Orang-orang telah menggunakan pembersih tangan selama bertahun-tahun. Namun, penggunaannya telah meningkat pesat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat