Hari Kanker Sedunia

Written bySendy Saputra
January 17, 2021

Hari Kanker Sedunia

Setiap tahun, Hari Kanker Sedunia diperingati pada 4 Februari. Momen ini digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap penyakit kanker, pembunuh nomor dua di dunia.

Peringatan Hari Kanker ini diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC). Pada 4 Februari 2000 ditulis dalam Charter of Paris Against Cancer (Piagam Paris Melawan Kanker). Dokumen itu ditandatangani oleh Presiden Prancis kala itu, Jacques Chirac dan Direktur Jenderal UNESCO yang menjabat saat itu, Koichiro Matsuura.

 

Hari Kanker Sedunia

Peringatan kali ini menjadi yang ke-20 kalinya bagi Hari Kanker Sedunia. Untuk menandainya, UICC melakukan survei global mengenai persepsi publik terhadap kanker yang melibatkan lebih dari 15 ribu orang dewasa di 20 negara. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan kesadaran terhadap kanker di antara orang-orang kelompok sosial ekonomi menengah ke atas dan rendah.

Kanker adalah kondisi di mana terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali. Pertumbuhan sel yang abnormal ini dapat membentuk benjolan yang umum dikenal dengan istilah tumor. Benjolan berlaku bagi semua jenis kanker, kecuali kanker darah. Jika tak diobati, tumor dapat tumbuh dan menyebar ke jaringan normal di sekitarnya hingga memperparah kondisi.

Sebanyak 9,6 juta orang meninggal dunia akibat kanker pada setiap tahunnya. Sementara sebanyak 3,7 juta kasus kanker dapat diselamatkan dengan mengimplementasikan perawatan dan pengobatan yang tepat serta deteksi dini.

Berikut fakta Hari Kanker Sedunia yang sudah dirangkum :

1. Tujuan Perayaan

Hari Kanker Sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia mengenai bahaya kanker. Diketahui, kanker merupakan masalah kesehatan yang kritis.

Walaupun begitu, setidaknya sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah. Sehingga perayaan Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

2. Dibentuk Tahun 2000

Perayaan Hari Kanker Sedunia dibentuk pada tahun 2000 dalam acara World Summit Against Cancer di Paris, Prancis. Perayaan World Summit Against membahas tentang penelitian, pencegahan, peningkatan layanan serta kesadaran soal penyakit kanker.

3. Tema

Hari peringatan kali ini memiliki tema ‘I Am and I Will’. Tema tersebut memiliki arti ajakan untuk segera bertindak mewakili kekuatan individu untuk memengaruhi masa depan.

4. Tanda dan Gejala Kanker

Terdapat tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas. Pertama, berat badan yang turun secara drastis.

Ciri kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.

Hari peringatan ini juga meminta agar masyarakat lebih waspada terhadap gejala kanker, seperti adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.

Keempat, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu. Serta, ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

5. Selamatkan 3,7 Juta Orang

Penyelenggaraan ini disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan.

 

Selamat Hari Kanker Sedunia!

You May Also Like…

Fakta Medis Hand Sanitizer

Fakta Medis Hand Sanitizer

Orang-orang telah menggunakan pembersih tangan selama bertahun-tahun. Namun, penggunaannya telah meningkat pesat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat