Hari Kanker Sedunia: Kenali 7 gejala kanker

January 17, 2021

Masyarakat dunia memperingati hari kanker setiap tanggal 4 Februari. Hari Kanker Sedunia merasa perlu untuk mengingatkan orang-orang disekitar tentang penyakit kanker, dampak, serta pentingnya upaya pengendalian kanker. Peringatan Hari Kanker Sedunia pada 2021, yayasan World Cancer Day menegaskan komitmennya untuk menjadi inspirasi kuat atas upaya mengurangi dampak kanker secara global. Pada hari kanker mendatang, yayasan ini ingin mengajak siapapun untuk peduli, kemudian melakukan aksi simpati dengan harapan mampu memberikan dampak perubahan. Kaampanye ini dilakukan dengan tujuan untuk membebaskan dunia dari kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa setiap orang, dapat berperan dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.

Perayaan Hari Kanker Sedunia ini mulai dibentuk pada tahun 2000. Peringatan ini dicetuskan pada acara World Summit Against Cancer di Paris, Prancis. Tak jauh berbeda dengan Hari Kanker Sedunia, perayaan World Summit Against membahas tentang penelitian, pencegahan, peningkatan layanan serta kesadaran soal penyakit kanker. Tema kampanye dari Hari Kanker Sedunia ini telah diusung sejak tahun 2019. Diperingatinya Hari Kanker Sedunia ini, dijelaskan dapat bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan.

Melanjutkan Tema Kampanye sebelumnya, pada tahun 2021 ini, tema kampanye yang diusung adalah “I am and I will: Together, all our actions matter”. Kampanye ini menyiratkan makna bahwa apapun tindakan kita, sesederhana apapun itu, akan berdampak pada semua orang di sekitar kita, di lingkungan, komunitas, dan kota. Terlebih, kampanye ini tidak akan terhalang oleh batasan apapun. Tahun ini adalah pengingat akan kekuatan kerja sama dan aksi kolektif yang abadi. Ketika kita memilih untuk bersatu, kita dapat mencapai apa yang kita semua inginkan: dunia yang lebih sehat dan lebih cerah tanpa kanker. Bersama-sama, semua tindakan kita penting.

Hari Kanker merupakan momen yang paling tepat untuk mengenali kanker lebih dalam. Dengan demikian, kita dapat mengurangi risiko orang-orang tersayang terkena kanker. Perlu diketahui bahwa Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Pada gejala awal, umumnya kanker mulai meluas atau merusak jaringan-jaringan. Pada fase ini, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar penderita kanker mulai menyadari penyakit ini ketika sudah pada tahap kronis. Oleh Karena itu, mengenali gejala kanker merupakan hal penting. Setidaknya ada 7 gejala kanker yang perlu diwaspadai, diantaranya adalah:

  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
  6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

Dari seluruh penjelasan dapat disimpulkan bahwa Peringatan Hari Kanker Sedunia memegang peran penting untuk membuka wawasan setiap orang akan pentingnya memberikan edukasi kanker. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang terlibat, maka semakin besar peluang mewujudkan mimpi Dunia Tanpa Virus Kanker. Untuk mengenali kanker lebih dalam, mari cari tahu lebih dalam mengenai Jenis-jeis Kanker.

 

You May Also Like…

Fakta Medis Hand Sanitizer

Fakta Medis Hand Sanitizer

Orang-orang telah menggunakan pembersih tangan selama bertahun-tahun. Namun, penggunaannya telah meningkat pesat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat