5 Fakta Rahasia dari Pembersih Tangan.

hand sanitizer
November 14, 2020

Isu kesehatan tengah menjadi sorotan publik selama hampir 1 tahun terakhir. Semenjak wabah Corona Virus-19 (Covid-19) melanda Indonesia, kegunaan pembersih tangan atau yang familiar disebut hand sanitizer menjadi sangat vital. Pada artikel ini, kita akan membahas 5 fakta pembersih tangan yang perlu diketahui.

Fakta pembersih tangan yang harus kalian tahu.

Fakta pembersih tangan ini perlu dipahami lebih dalam. Hal tersebut bertujuan agar kita dapat memanfaatkan pembersih tangan dengan baik dan benar. Selain itu, membagikan informasi mengenai fakta pembersih tangan ini merupakan hal penting. Berikut 5 Fakta Pembersih tangan yang harus kalian tahu:

  1. Menjaga dan mencegah bakteri.
    Pada dasarnya produk ini dibuat untuk membunuh mikro organisme berbahaya. Sehingga menjaga tangan dalam kondisi steril, terutama digunakan setelah kita menggunakan fasilitas umum. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah memastikan pembersih tangan sudah kering, ketika kita gunakan sebelum makan.
  2. Praktis dibawa kemana saja.
    Pada umumnya produk ini diproduksi dalam bentuk gel atau cairan yang dikemas menggunakan botol pastik kecil. Ukurannya yang kecil, memungkinkan pembersih tangan disimpan didalam tas. Terlebih, produk ini tidak memerlukan pembilas air dalam penggunaannya.
  3. Bisa digunakan untuk benda lain.
    Selain itujukan sebagai upaya pencegahan, produkĀ ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mensterilkan benda-benda lain disekitar kita, seperti alat tulis, layar smartphone, daun pintu, bahkan peralatan makan jika tidak ada tisu basah.
  4. Tidak Kadaluarsa.
    Fakta menarik selanjutnya adalah produk iniĀ tak memiliki tanggal kadaluarsa. Namun produsen tetap mencantumkan tanggal pada produk, karena alkohol akan berfungsi efektif ketika ditempatkan pada suhu ruangan yang stabil.
  5. Berbeda dengan sabun.
    Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama dalam membersihkan tangan dari bakteri dan virus, sabun dan pembersih tangan memiliki kinerja yang berbeda. Kandungan alkohol hand sanitizer hanya mampu membunuh bakteri dan virus tertentu saat tangan tidak terlalu kotor. Sedangkan sabun memiliki fungsi yang lebih dari hand sanitizer, yakni mampu memisahkan kuman dari tangan. Sehingga jika sedang mendapati tangan begitu kotor, disarankan untuk mencucinya dengan sabun.

 

hand sanitizer

 

Pembersih tangan ini dianggap sebagai alternatif efektif untuk menjaga tangan tetap steril. Hal ini terjadi karena pembersih tangan dianggap praktis digunakan. Cara penggunaannya sebagai berikut:

  • hanya dengan menuangkan cairan ke permukaan tangan.
  • Lalu gosok dan ratakan pada seputaran tangan dan sela-sela jari selama 20 detik.
  • Selanjutnya pembersih tangan ini akan mengering sendiri.

Cukup praktis, karena pembersih tangan ini menjadi solusi ketika tidak ada sabun dan air untuk mencuci tangan. Setidaknya ada tiga manfaat yang perlu diketahui mengenai produk ini.

Meskipun memiliki banyak manfaat, produk ini merupakan alat pencegahan yang sifatnya sebagai pendukung. Tentu lebih efektif jika kita membersihkan tangan dengan sabun dan air. Oleh karena itu, produk ini sebaiknya digunakan sebagai pembersih lapis kedua, yang digunakan ketika kita tidak bisa mencuci tangan atau setelah mencuci tangan.

Covid-19 merupakan virus yang larut atau hilang jika terkena zat pembersih dengan kadar anti-virus tinggi. Seperti air detergen, air sabun dan caira disinfektan. Sehingga dapat dikatakan bahwa produk ini sifatnya cairan pembersih tambahan saja. Selanjutnya kita akan membahas tiga fakta yang perlu dipahami mengenai produk ini.

Alkohol merupakan salah satu dari cairan anti-virus dengan kadar tinggi. Cairan ini dikatakan efektif melarutkan virus jika kadarnya 60% keatas. Fakta ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, bahwa semakin tinggi kadar alkohol maka kinerja produk ini akan semakin baik.

Namun jika kadar alcohol berada dibawah 60%, maka efektifvtasnya hanya sebatas mengurangi jumlah dan memperlambat penambahan virus saja. Sayangnya jika digunakan terlalu sering, banyak yang mengeluhkan jika hand sanitizer dapat membuat kulit tangan menjadi kering karena kandungan alkoholnya di dalamnya

Dari seluruh penjelasan mengenai pembersih tangan, dapat dikatakan bahwa terdapat setidaknya tiga manfaat dan fakta. Manfaat tersebut terdiri dari menjaga dan mencegah bakteri, praktis dibawa kemana saja, dan bisa digunakan untuk benda lain. Sedangkan fakta menariknya terdiri dari efektif jika kandungan alkohol minimal 60%, tidak ada tanggal kadaluarsa dan kinerja pembersih tangan yang berbeda dari sabun. Agar upaya pencegahan covid-19 ini bisa maksimal, ada baiknya menggunakan pengukur suhu badan digital untuk memeriksa suhu tubuh secara berkala dan menggunaka masker kesehatan kemanapun kita pergi.

You May Also Like…

Fakta Medis Hand Sanitizer

Fakta Medis Hand Sanitizer

Orang-orang telah menggunakan pembersih tangan selama bertahun-tahun. Namun, penggunaannya telah meningkat pesat...

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Ampuh Mengobati Pilek Secara Alami - My Blog - […] denga dokter. Untuk selalu terhindar dari gejala pilek, jagalah kebersihan selalu dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi…
  2. 10 Pola Hidup Sehat Terhindar dari Penyakit - Belanja Medic - […] Menjaga Kebersihan […]
  3. 4 Cara Unik memanfaatkan Hand Sanitizer - Belanja Medic - […] Kita telah mengetahui bagaimana cara memanfaatkan Hand Sanitizer secara unik bagi orang terdekat. Perlu kalian ketahui, jika kalian bisa…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat