Seiring pandemi yang tak kunjung usai. Banyak brand disinfektan yang sekarang beredar di pasaran dan terbukti ampuh dalam mencegah penyebaran virus.  Walaupun begitu bagi kalian yang ingin ber hemat bisa membuat disinfektan sendiri. Adapun cara pembuatan disinfektan tidaklah rumit. Hanya memerlukan beberapa bahan senyawa kimia dan bisa dicampurkan dengan air.

Bahan-bahan Cara Pembuatan Disinfektan

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan dalam cara pembuatan disinfektan yang dapat dicampur atau dikombinasikan dengan air. Kecuali Alkohol.

Hidrogen Peroksida

cara pembuatan disinfektan

Hidrogen peroksida cukup efektif dalam melawan mikroorganisme, seperti bakteri, ragi, jamur, virus dan bahkan spora. Larutan yang dibutuhkan minimal 2-3% dapat membunuh kuman. Cairan ini ampuh dalam membunuh virus flu setelah 6 sampai 8 menit terpapar.

Isoprophyl Alcohol

cara pembuatan disinfektan

Senyawa kimia dari isoprophyl alcohol dapat mendisinfeksi jika dibiarkan di permukaan selama 30 detik. Karena senyawa ini dapat larut dalam air, tetapi konsesntrasi dari senyawa alcohol ini perlu menyentuh 70% agar bisa membunuh virus.

Cairan Pemutih

cara pembuatan disinfektan

Seluruh jenis pemutih dapat dengan efektif membunuh kuman ataupun virus jika di gunakan dengan benar. Dibutuhkan setidaknya 4 sendok the pemutih per 1 liter air. Selain itu jangan mencampurkan pemutih dengan bahan kimia lainnya seperti dengan ammonia, spiritus atau isoprophyl alcohol, cuka, ataupun senyawa asam. Cukup campurkan pemutih dengan air.

Selain bahan-bahan kimia di atas, juga diperlukan beberapa perlengkapan untuk mendistribusikan bahan-bahan kimia tersebut dengan beberapa alat, seperti spray bottle, handuk, dan juga kain katun.

Langkah-Langkah Cara Pembuatan Disinfektan

 

 

Membuat disinfektan dengan bahan Isoprophyl alcohol dan Hidrogen Peroksida

 

cara pembuatan disinfektan

Isoprophyl Alcohol sebenarnya adalah bahan senyawa kimia yang digunakan untuk membersihkan tangan dan juga untuk luka goresan ataupun lecet. Tetapi, bahan ini juga dapat digunakan sebagai disinfektan. Berikut cara-caranya:

  1. Campurkan air dengan Isoprophyl Alcohol dalam takaran yang seimbang dalam sebuah botol.
  2. Kocok kedua bahan tersebut agar kedua bahan dapat tercampur dengan baik.
  3. Cairan disinfektan telah jadi dan siap untuk digunakan.

Perlu diketahui alkolhol yang digunakan di sini perlu menyentuh kadar 70%.

Untuk Hidrogen Peroksida bahan yang dikombinasikan adalah cuka, tetapi kedua bahan ini tidak bisa digabungkan dalam satu wadah., karena dapat menghasilkan bahan yang berbahaya, yaitu asam perasetat. Adapun kedua bahan ini harus dipisahkan dalam dua wadah yang berbeda. Berikut cara-caranya:

  1. Masukkan cariran hidrogen Peroksida ke dalam botol semprot, lalu masukan cuka ke botol semprot yang berbeda.
  2. Lalu semprot permukaan benda dengan botol semprot yang berisi hidrogen peroksida dan tunggu hingga 5 menit.
  3. Lalu lap dengan kain dan semprot permukaan benda itu lagi dengan botol semprot yang berisi cuka dan tunggu hingga 5 menit.
  4. Lalu biarkan selama 5 menit lalu lap dengan kain bersih yang berbeda.
  5. Untuk kedua bahan ini bisa disemprotkan hidrogen peroksida ataupun cuka terlebih dahulu.

Membuat disinfektan dengan bahan pemutih

 

cara pembuatan disinfektan

Pemutih yang digunakan dalam membuat disinfektan di sini bisa berupa bayclin ataupun Dettol. Berikutcara-caranya:

  1. Masukkan 905 ml air ke dalam botol semprot ataupun wadah lainnya.
  2. Tambahkan 95ml bayclin ataupun Dettol ke dalam wadah.
  3. Lalu aduk kedua bahan tersebut sehingga kedua bahan dapat tercampur.
  4. Jadilah disinfektan dengan kandungan berisi 1000ml.

Tips-tips Cara Pembuatan Disinfektan

 

cara pembuatan disinfektan

  1. Disinfektan dibuat dengan dosis ataupun takaran yang sesuai, jangan terlalu pekat ataupun lebih dari takaran yang dianjurkan.
  2. Pastikan bahan kimia yang dicampurkan tidak lebih dari tanggal kadaluarsa.
  3. Jangan campurkan dengan bahan-bahan yang mengandung asam ammonia. Karena sangat berbahaya dan beresiko menghasilkan percikan api
  4. Ikuti prosedur yang sudah dianjurkan di atas.
  5. Jangan menyemprotkan disinfektan pada tubuh.
  6. Pakai sarung tangan plastik ataupun sarung tangan lainnya. Karena cairan disinfektan dapat sangat sensitive menyebabkan kulit kering atau terkelupas.

Alat Pembuat Disinfektan Instan

cara pembuatan disinfektan dengan mudah dan benar

Bagi kalian yang malas ataupun tidak memiliki waktu untuk membuat disinfektan sendiri tidak perlu khawatir dan repot-repot membuat disinfektan yang agak rumit. Karena sekarang sudah ada alat pembuat disinfektan dari Assure yang cara membuat nya pun juga mudah karena hanya perlu air dan garam. Selain itu tidak seperti disinfektan pada umum nya, Assure Disinfektan Maker ini juga tidak menyebabkan iritasi kulit, sehingga jika disemprotkan ke tangan ataupun kulit tidak berbahaya sama sekali. Oleh karena itu disinfektan ini juga dapat berfungsi sebagai hand sanitizer. Untuk info lebih lengkapnya silahkan cek link di bawah ini.

 

Assure Portable Disinfektan Maker

 

 

Belanja Medic

Open chat