Cara Meredakan Batuk Secara Alami yang Aman

Written bySeptyanto Buntarja
November 14, 2020

Meredakan BatukKetika Kita sedang beraktifitas, sering sekali Kita mengalami batuk dan pada umumnya batuk membuat aktifitas Kita terganggu, apalagi jika batuk tersebut sangat menganggu hingga menyebabkan gatal tenggorokan berlebih. Hal yang selanjutnya Kita lakukan adalah meminum obat untuk meredakan batuk. Tetapi sebenarnya ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan agar dapat meredakan batuk. Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu mengetahui apa itu batuk.

Batuk adalah respon alami tubuh terhadap gangguan pada saluran pernapasan, baik karena infeksi bakteri maupun virus ataupun iritasi karena debu dan kotoran, batuk juga sangat beresiko jika Kita merokok, memiliki Riwayat ataupun alergi Asma, punya penyakit paru, dan juga beraktifitas di lingkungan yang penuh dengan polusi udara.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk meredakan batuk:

Minum Air Hangat

Air HangatPada saat Kita sedang mengalami flu, virus memproduksi lendir yang disebut sebagai dahak. Dahak yang berlebih tersebut akan mengalir dari hidung hingga bagian belakang tenggorokan, yang menyebabkan batuk berdahak.

Meminum air putih merupakan salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan untuk meredakan batuk berdahak, tetapi air hangat jauh lebih baik ketimbang air biasa atau air dingin untuk meredakan batuk berdahak. Hal ini dikarenakan air hangat bisa mencairkan lendir yang megental dan dahak lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Ketika dahak tidak menyumbat saluran pernapasan, batuk akan berkurang dan Kita dapat bernapas dengan lega.

Tetapi, cara untuk meredakan batuk ini akan lebih efektif jika dilakukan juga sembari waktu istirahat sehingga daya tahan tubuh lebih optimal dan batuk akan berkurang.

Minum Air Perasan Lemon dan Madu

Air Madu Lemon Lemon mengandung vitamin c yang tinggi dan mampu meredakan batuk, selain itu lemon juga memiliki sifat anti-inflamasi, salah satu cara untuk meredakan batuk, kita dapat mencampuri lemon dengan madu, dalam penelitian yang telah ditemukan, madu bersifat anti-mikroba dan juga terdapat senyawa hidrogen peroksida dalam madu. Madu juga terbukti ampuh menenangkan tenggorokan yang gatal karena konsistensi madu yang kental dan lengket.

Cara membuat Air hangat perasan madu dan lemon:

  1. Siapkan satu buah lemon, tiga sendok makan madu, dan air panas satu cangkir.
  2. Potong lemon setengah buah lalu iris menjadi tiga bagian dan letakkan di gelas.
  3. Siram lemon yang telah diletakkan di gelas dengan madu.
  4. Lalu siram dengan air hangat satu cangkir.
  5. Lalu aduk secara perlahan-lahan.
  6. Air madu lemon siap dikonsumsi.

Berkumur dengan Air Garam

Air garam juga menjadi salah satu solusi untuk meredakan batuk secara alami, selain pembuatannya yang cukup mudah, air garam dapat menghilangkan dahak di tenggorokan dan juga mengurangi iritasi. Oleh karena itu air garam dipercaya mampu untuk meredakan batuk berdahak, tetapi air garam di sini bukanlah diminum, melainkan dengan cara berkumur.

Cara berkumur dengan air garam juga cukup mudah. Hal pertama yang bisa Kita lakukan adalah dengan mencampurkan seperempat ataupun setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Lalu kedua biarkan larutan sedikit dingin sekitar 1 menit. Lalu ketiga kumur-kumur air yang telah terlarut dengan garam selama beberapa detik. Lalu keempat biarkan cairan air garam bercampur beberapa saat sebelum dibuang. Lalu buang ke wastafel. Tetapi cara ini tidak disarankan pada anak di bawah usia 6 tahun.

Menghirup Uap

Terdapat beberapa cara dalam meredakan batuk dengan menghirup uap, dua di antara-nya adalah terapi mangkup uap dan berendam air hangat

Terapi Mangkuk Uap

Cara ini dilakukan dengan cara mengisi mangkuk besar dengan air hangat, lalu tuangkan minyak berupa essensial ke dalam air panas, lalu setelah itu dekatkan muka ke atas mangkuk dan letakkan handuk di atas kepala, lalu hirup uap yang dihasilkan air hangat tersebut selama tiga sampai lima menit. Hentikan menghirup uap secara berlebihan jika terasa sangat panas, karena berbahaya untuk kulit.

Mandi atau Berendam Air Hangat

Cara lainnya lagi dapat dilakukan dengan mandi air panas ataupun berendam air panas selama beberapa menit. Khasiat yang didapatkan sama dengan minum air hangat, uap yang dihirup saat mandi ataupun berendam dapat mengurangi batuk berdahak dengan cara mencairkan lendir yang terdapat di saluran pernapasan dan mengeluarkan dahaknya. Sehingga kita dapat bernapas dengan lega dan mengurangi batuk berdahak.

 

You May Also Like…

Fakta Medis Hand Sanitizer

Fakta Medis Hand Sanitizer

Orang-orang telah menggunakan pembersih tangan selama bertahun-tahun. Namun, penggunaannya telah meningkat pesat...

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Ampuh Mengobati Pilek Secara Alami - My Blog - […] segera diobati dapat mengganggu aktivitasmu, People. Tapi tenang, di saat ini sudah ada beberapa cara untuk mengobati pilek secara…
  2. Apa saja sih jenis-jenis pengukur suhu badan - My Blog - […] pastikan bahwa Anda tidak makan dan minum minuman panas atau dingin. Karena ini bisa mengacaukan suhu tubuh Anda ketika…
  3. Gangguan Pernapasan yang Biasa Terjadi - Belanja Medic - […] Demam disertai nyeri kepala dan tubuh menggigil. • Batuk tidak berdahak, ataupun berdahak dengan cairan mengandung nanah yang berwarna…
  4. Cara Pembuatan Disinfektan dengan Mudah dan Benar - Belanja Medic - […] campurkan dengan bahan-bahan yang mengandung asam ammonia. Karena sangat berbahaya dan beresiko menghasilkan percikan […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat