Alat Pembuat Disinfektan yang Mudah Digunakan

December 13, 2020

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia selama pandemi, Assure menghadirkan Alat Pembuat Disinfektan. Produk ini memiliki bentuk botol spray, dimana mampu menghasilkan larutan disinfektan dengan bahan dasar air dan garam. Secara singkat, mekanisme dari Alat Pembuat Disinfektan dari Assure ini adalah menjalankan proses elektrolisis terhadap campuran air garam. Dapat dikatakan bahwa Alat Pembuat Disinfektan ini mudah digunakan. Selain itu, Alat Pembuat Disinfektan ini didesain agar mudah dibawa kemana saja, sehingga memungkinkan untuk digunakan setiap saat.

Dalam hal keamanan, Alat Pembuat Disinfektan dari Assure telah memperoleh sertifikasi dari Conformite Europe (CE) dan Restriction of Hazardous Substance Directive (RoHS). Sehingga dapat dipastikan bahwa Alat Pembuat Disinfektan dari Assure telah memiliki jaminan keamanan. Selain itu, produk ini juga memiliki Garansi Produk selama 3 bulan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan konsumen.

Keunggulan Alat Pembuan Disinfektan tersebut merupakan komitmen dari Assure untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia sehat. Mengingat, setiap masyarakat telah merindukan untuk menjalani kehidupan yang terbebas dari Pandemi. Oleh karena itu, Assure saat ini tengah berupaya untuk membantu masyarakat Indonesia mewujudkan impian hidup sehat, dengan menghadirkan produk yang dapat memudahkan setiap orang menjaga kesehatan, terbebas dan terjaga dari Virus Corona.

alat pembuat disinfektan

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai disinfektan secara detail. Dimulai dari awal mula penggunaan disinfektan, manfaat, kegunaan, dan juga fakta. Hal ini memiliki tujuan agar masyarakat dapat memahami arti penting dari disinfektan secara menyeluruh. Sehingga dapat menggunakannya secara optimal dan tepat guna.

Sejarah Disinfektan

Awal mula penggunaan yang mengejutkan adalah Pemutih Pakaian yang digunakan sebagai disinfektan. Kegunaan klorin dalam pemutih pakaian sebagai disinfektan pertama kali dilakukan di Austria pada 1847. Para staf di Vienna General Hospital mulai menggunakan pemutih untuk menghalau “childbed fever”, infeksi parah yang menewaskan banyak wanita usai melahirkan (kompas.com).

Setelah terbukti mampu membunuh kuman dan bakteri, pemutih pakaian mulai umum digunakan sebagai disinfeksi di Rumah Sakit. Perusahaan asal Amerika Serikat yang berlokasi di California mulai memproduksi pemutih yang lebih efektif pada tahun 1913, yakni sodium hypochlorite bleach. Perusahaan ini telah menyadari fungsi lain dari pemutih pakaian yakni sebagai disinfektan. Setelah peristiwa tersebut, perusahaan ini mulai mengekspansi pasar bisnis. Pada 1922, perusahaan The Electro-Alkaline Co berubah nama menjadi Clorox Chemical (sekarang The Clorox Co.) Kini, perusahaan tersebut identik dengan produk pemutih pakaian yang digunakan di berbagai belahan dunia (kompas.com).

Cara Kerja Pemutih sebagai Disinfektan

Hal yang mengejutkan adalah pemutih pakaian memiliki cara kerja yang sama dengan alkohol dalam proses sterilisasi. Dimana pemutih pakaian secara efektif mampu mengurangi protein pada bakteri, kuman dan virus hingga mati. Pemutih pakaian juga merupakan disinfektan yang serbaguna. Kandungannya membunuh hampir semua bakteri patogen, termasuk norovirus dan C. difficile juga spora. Atas dasar ini, The Center for Disease Prevention and Control (CDC) telah mengeluarkan rekomendasi untuk mencampur pemutih pakaian dengan air, dengan perbandingan 1:10 (kompas.com).

Pada April 2020, WHO menyatakan bahwa klorin merupakan disinfektan yang paling baik untuk mematikan virus H5N1 (Avian Influenza). Terdapat dua alasan utama yang menjadikan klorin sebagai disinfektan terbaik. Pertama, produk rumah tangga berbahan dasar klorin (termasuk pemutih pakaian) dengan mudah ditemukan di negara-negara berkembang. Kemudian yang Kedua adalah klorin merupakan senyawa kimia yang aman digunakan untuk kegiatan PCR. Hal ini terjadi karena klorin mampu memisahkan nucleic acid.

Manfaat Disinfektan

Berdasarkan jurnal dari GMS Hygine And Infection Control, disinfeksi merupakan hal utama yang perlu dilakukan di area-area yang memiliki resiko tinggi. Area yang berisiko tinggi adalah area yang terdapat perabot atau peralatan yang sering disentuh. Oleh karena itu, area ini perlu diterapkan langkah disinfeksi aman berdasar prosedur atau rekomendasi tertulis pada produk sehingga disinfektan memberi manfaat optimal dalam mengurangi penularan infeksi kuman penyakit.

Beberapa manfaat dari disinfektan adalah sebagai senyawa kimia dengan kandungan antimikroba. Hal ini berarti disinfektan mampu membunuh kuman dan virus penyebab penyakit. Pada umumnya disinfektan memiliki kandungan alkohol 70% dan senyawa antimikroba alami, seperti minyak kayu putih. Senyawa antimikroba tersebut mampu membunuh kuman dan virus yang menempel pada permukaan benda atau perabot rumah. Salah satu bakteri yang secara efektif terbunuh oleh disinfektan adalah Salmonella. Bakteri Salmonella yang dapat bertahan di permukaan benda kering hingga 24 jam. Sedangkan virus COVID-19 mampu bertahan dipermukaan benda plastic atau perabot stainless steel selama 72 jam. Oleh karena itu, WHO menganjurkan setiap keluarga melakukan proses disinfeksi secara mandiri, untuk menjaga orang-orang tersayang tetap sehat dan aman dari infeksi virus. Sehingga dapat dikatakan bahwa disinfektan dapat mengurangi penularan risiko infeksi penyakit apapun.

Setelah memahami awal mula penggunaan disinfektan, cara kerja beserta manfaat, kita dapat mengatakan bahwa Proses Disinfeksi memiliki peran penting dalam upaya pencegahan infeksi Virus Corona. Disini Assure menganggap bahwa proses disinfeksi seharusnya bisa dilakukan siapapun dengan mudah. Mengingat, semakin mudah proses disinfeksi, maka masyarakat tidak akan merasa terbebani untuk menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Ketika setiap masyarakat Indonesia mulai tergerak untuk peduli menjaga kesehatan, maka angka persebaran infeksi virus akan menurun, hingga permasalahan kesehatan ini dapat benar-benar selesai dari Indonesia. Upaya lainyang mampu mendukung aktivitas ini dengan Makan Sehat Ditempat Kerja.

Bagi kalian yag ingin membuat disinfektan dengan mudah, cepat dan tidak perlu beli disinfektan lagi jika sudah habis. Silahkan cek link di bawah ini ya!

 

 

Assure Portable Disinfektan Maker

 

 

Belanja Medic

You May Also Like…

Fakta Medis Hand Sanitizer

Fakta Medis Hand Sanitizer

Orang-orang telah menggunakan pembersih tangan selama bertahun-tahun. Namun, penggunaannya telah meningkat pesat...

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. 10 Pola Hidup Sehat Terhindar dari Penyakit - Belanja Medic - […] setiap hari dengan sabun secara rutin. Juga jangan lupa untuk mandi 2x sehari dan selalu membawa hand santizer juga…
  2. Cara Pembuatan Disinfektan dengan Mudah dan Benar - Belanja Medic - […] pandemi yang tak kunjung usai. Banyak brand disinfektan yang sekarang beredar di pasaran dan terbukti ampuh dalam mencegah penyebaran…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat